Jumat, 05 Oktober 2018

PROFIL SUKSES (FTMD-ITB)

Prestasi Siswa SSC

MUHAMMAD ILHAM NAFAN
(JUARA 1 LOMBA RANCANG BANGUN Tingkat Nasional oleh Badan Kerjasama Teknik Mesin 2015)

Muhammad Ilham Nafan yang akrab dipanggil Ilham merupakan salah satu alumni SSC yang berprestasi kuliahnya di jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (FTMD-ITB). 

Prestasi Ilham dalam pendidikan di sekolah biasa-biasa saja, tidak terlalu serius dalam belajar dan bahkan ketika SMP ilham mendapatkan ranking terbawah di kelasnya. Tapi seiring waktu berjalan, remaja yang pernah bercita-cita menjadi seorang arsitek ini akhirnya menyadari dan lalu berusaha mengejar materi pelajaran yang tertinggal ketika SMP, begitu juga ketika SMA. Usahanya semakin meningkat walaupun sempat berpindah sekolah ketika kelas XII.  Begitu seriusnya belajar, ilham pun sering tidur hanya 3 sampai 4 jam saja tiap harinya. Belajar merupakan usaha yang melelahkan tapi semua ini dilakukan untuk menggapai mimpi dan cita-citanya agar bisa kuliah di ITB. Karena untuk kuliah di ITB tidaklah mudah dan persaingannya ketat sehingga hanya siswa terbaiklah yang dapat lulus serta kuliah di ITB.
Dalam usahanya meraih mimpi kuliah di ITB, Ilham melakukan usahanya dengan belajar terus menerus dan menjadwalkannya secara teratur setiap hari bahkan setiap minggunya dengan detail, contohnya mengatur jadwal hari senin belajar pelajaran A dan B, lalu pada hari selasa belajar pelajaran C dan D, dan begitu seterusnya secara kontinyu dan sungguh-sungguh. Menurutnya, setiap kesulitan yang dihadapi pasti ada kemudahan yang akan diraih di kemudian hari. 
"Usaha dalam belajar adalah hal yang sulit dan melelahkan yang saya jalani namun akhirnya saya mendapatkan kemudahan ketika tes tulis SNMPTN (saat ini SBMPTN) sehingga bisa lulus di Pilihan 1 yaitu FTMD ITB dengan menjawab 12 soal fisika (benar 11) soal serta biologi benar 8 soal", kata Ilham. Tetapi untuk jumlah soal yang benar pada pelajaran yang lain dia mengakui lupa berapa yang dikerjakan dan dijawab dengan benar.
Ilham yang sekarang aktif di GAMAIS (Keluarga Mahasiswa Islam), dahulu pernah mengikuti belajar tambahan di lembaga bimbingan belajar SSC mengambil program ITB-FK serta juga mengikuti program Supercamp persiapan tes tulis SNMPTN. Ketika mengikuti bimbel di SSC selain belajar di kelas, sama halnya dengan siswa yang lain, Ilham juga sering melakukan pengerjaan soal-soal secara mandiri lalu dikonsultasikan soal yang sudah dikerjakan tersebut untuk memastikan jawabannya apakah sudah tepat atau belum, dan juga sering konsultasi tentang materi-materi yang belum dipahaminya. Menurut ilham, dengan belajar terus-menerus dan lebih proaktif maka semuanya akan lebih baik dan memudahkan. Hal tersebut sampai saat ini masih diyakininya dan  berdampak positif selama kuliah yang dijalaninya hingga bisa lulus dengan baik dan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
Tidak hanya kuliah yang ditekuni, remaja yang  pernah menjadi panitia acara M-Fest (Acara Himpunan Mesin) dan Orientasi Himpunan, juga dipercaya menjadi Asisten praktikum untuk beberapa matakuliah. 
Ilham quotes :
"Untuk teman-teman SMA, kalian perlu mengingat mimpi kalian sebagai motivasi agar terus bisa berjuang untuk menggapai cita-cita. Ingatlah bahwa setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan. Berjuang dan belajar terus dan jangan lupa berdoa kepada  pencipta kita yaitu Allah SWT juga meminta doa dari orangtua juga saudara-saudara. Mudah-mudahan dengan itu bisa di dapat hasil yang terbaik. Selanjutnya setelah kita melakukan hal-hal tersebut apapun hasilnya maka kita serahkan kepada Allah karena pasti ada hikmahnya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar