Sabtu, 13 Oktober 2018

11 PROGRAM STUDY YANG PALING BANYAK PEMINATNYA (SAINTEK & SOSHUM)

SAINTEK - IPA

1.  PERTAMBANGAN & PERMINYAKAN
Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan. Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi).jurusan2 itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan banyak. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Permintaan sangat besar. Gaji? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun anda. Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan cukup besar.

2.  ILMU KOMPUTER/TEKNIK INFORMATIKA/TEKNOLOGI INFORMASI.
Jelas, kita butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi, di Jogja rate untuk pembuatan web full sekitar 2,5 juta sampai 3 juta. Ini belum ditambah maintanance. Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux. Tips, terus update kemampuan. Yang sangat prospek saat ini dot net developer.

3. TEKNIK SIPIL/KONSENTRASI JALAN TOL
Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi.

4. TEKNIK ELEKTRO/TELEKOMUNIKASI
Dijamin, bidang Telekomunikasi sangat berprospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro konsentrasi Telekomunikasi.

5. FARMASI
Program studi ini cocok banget buat kalian yang ingin berkecimpung di dunia kesehatan.

6. TEKNIK NUKLIR
Ingat, Pemerintah sudah mencanangkan Indonesia siap untuk memiliki PLTN. Dan PLTN-PLTN akan segera dibangun.

7. MATEMATIKA (MIPA)
Jurusan yang satu ini juga jadi bahan pertimbangan karena prospek kerjanya bagus. Jurusan ini bagi siswa yang senang hitung-menghitung dan memutar logika.

8.TEKNIK MESIN,TEKNIK FISIKA,TEKNIK INDUSTRI
Pemerintah mencanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. Dan juga beberapa mega proyek lainnya yang melibatkan berbagai engineer, terutama dari lulusan Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Industri.

9. PENDIDIKAN DOKTER
Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga kedokteran gigi, keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja membutuhkan 2000 perawat dari Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi dan ini adalah peluang yang bagus. Apalagi jika dokter tersebut mengambil lagi Spesialis nya, dan tahu sendiri berapa gaji Dokter Spesialis.

10. TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN/AGROBISNIS
Keduanya masih sangat bagus prospeknya, dan sekarang mulai dilirik oleh orang banyak karena prospeknya yang bagus. Tapi, mereka bukan bagian exact engineering. Sangat bagus jika kemampuan komunikasi dan bahasa anda latih sebaik mungkin jika anda masuk jurusan ini. Kemampuan teknis tidak banyak dibutuhkan. Dan mungkin ditujukan bagi anda yang senang berwiraswasta.

11. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV), ARSITEKTUR
Jurusan-jurusan desain (DKV, Interior, dll) Dijamin prospeknya bagus, yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan.


SOSHUM - IPS
6 PROGRAM STUDY YANG PALING BANYAK PEMINATNYA

1.     MANAJEMEN
Banyak siswa memilih jurusan ini karena prospek kariernya yang sangat besar. Pemegang gelar sarjana dalam bidang manajemen bisa bekerja di sektor negeri maupun swasta. Mempelajari Ilmu Manajemen berarti kita berlatih menganalisa pengelolaan organisasi. Kemudian, menerapkan hasil analisa tersebut secara fungsional dan sesuai bidang keahlian. Di kampus, mahasiswa belajar tentang berbagai teori manajemen dan aplikasinya, Misalnya, manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen personalia, manajemen keuangan, hingga manajemen perusahaan. Mahasiswa juga diarahkan untuk selalu update terhadap perkembangan ekonomi dan teknologi.
Beberapa konsentrasi yang dapat dipilih adalah Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Manajemen Operasi dan Manajemen Pendidikan.

2.     ILMU HUKUM/HUKUM
Mahasiswa ilmu hukum belajar dan berlatih untuk menjadi ahli hukum. Di prodi ini, mahasiswa akan mendalami ilmu hukum dari berbagai segi seperti pidana, perdata, ekonomi, tata usaha negara, internasional, adat, lingkungan, dan lain-lain. Mahasiswa juga dibekali filsafat hukum, etika profesi dan kriminologi. Selain belajar di ruang kelas, mahasiswa juga melaksanakan berbagai kegiatan praktik. Bahkan, ada kompetisi peradilan semu (mootcourt) yang dapat diikuti semua mahasiswa hukum

3.     AKUNTANSI
Meski terkesan rumit, prodi akuntansi selalu menjadi pilihan favorit siswa setiap tahun. Ilmu Akuntansi adalah cabang ilmu ekonomi yang mengkhususkan pembahasan tentang analisis dan komunikasi data-data ekonomis. Fokusnya adalah pada laporan keuangan. Di kampus, mahasiswa akan belajar tentang seluk beluk akuntansi, seperti akuntasi biaya, perpajakan, dan auditing. Ilmu lainnya yang dipelajari adalah manajemen akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi pemerintahan, matematika bisnis, statistika, sistem administrasi, dan pemeriksaan akuntan.

4.     ILMU KOMUNIKASIIni adalah prodi paling tepat bagi para pecinta komunikasi yang ingin bekerja dalam berbagai aspek media dalam masyarakat. Mahasiswa ilmu komunikasi akan mempelajari perkembangan teori komunikasi dari masa ke masa dan pengaplikasiannya. Mereka juga belajar tentang pers, media massa, film, hubungan masyarakat, komunikasi antarlembaga, periklanan hingga manajemen komunikasi.
Selain di media massa, lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja di berbagai bidang baik di sektor negeri maupun swasta. Prospek kerjanya yang sangat menjanjikan membuat prodi ini sangat diminati siswa dari tahun ke tahun

5.     PGSDProdi PGSD melatih mahasiswa menjadi calon guru sekolah dasar. Karena itulah, mahasiswa PGSD belajar semua hal yang dibutuhkan mulai dari teori pengajaran hingga materi pelajaran IPA dan IPS. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan di prodi ini antara lain Strategi Pembelajaran, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Kajian Bahasa Indonesia SD, Psikologi Perkembangan, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan IPS SD, Pendidikan Keterampilan dan Kerajinan Tangan, Pendidikan IPA SD. Serta ada pula Bimbingan Konseling, Psikologi Pendidikan, Pendidikan Seni Rupa, Statistika Pendidikan, Manajemen Kelas, Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Pengembangan Kurikulum SD, Penelitian Pendidikan SD, Asesmen Pembelajaran SD dan manajemen sekolah.

6.     PSIKOLOGI/ILMU PSIKOLOGI (IPA/IPS)Seseorang yang suka memperhatikan tingkah laku orang lain bisa mendalami ilmunya di psikologi. Selain mempelajari teori psikologi dan mempraktikkannya, mahasiswa Psikologi juga harus mampu mengendalikan diri dan memegang teguh kode etik profesi. Ada beberapa bidang utama dalam psikolog yang bisa dipilih yakni Psikologi Industri, Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Pengembangan. Untuk menjadi psikolog, sarjana psikologi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar